Sajian Bhinneka : Citarasa Nusantara Dibalut Nuansa Tradisional

Suasana tradisional langsung terasa ketika memasuki kawasan restoran Sajian Bhinneka yang berlokasi di Jalan Babura Lama No. 4  Medan (akses melalui Jalan Pattimura).  Hal ini sudah terlihat dari keunikan design bangunannya bernuansa Bali. Memasuki pintu masuk, pengunjung langsung disambut pukulan Gong  sebagai door bell ala Sajian Bhinneka.

Menapaki jalan setapak yang tersusun dari bambu, pengunjung langsung disambut dengan nuansa tradisional Indonesia. Beberapa ornamen tradisional seperti payung Bali, topi caping, batu ulekan, patung-patung tradisional dapat kita temui disetiap sudut restoran yang mulai dibuka Maret 2011. Susunan beberapa lukisan turut menghiasi dinding restoran.

Beberapa kursi dan meja makan terbuat dari potongan balok kayu jati semakin mempertegas kesan tradisional. Keunikan lainnya terdapat pula beberapa tiang penyangga mesin jahit tempo dulu yang digunakan sebagai kaki meja.

Pengunjung dapat pula merasakan sensasi duduk lesehan di dalam gajebo bernuasa Bali yang berada di tengah restoran sembari melihat koleksi puluhan topeng yang di gantung di langit-langit gajebo.

Nuansa Sumatara, Jawa dan Bali dapat dirasakan dan dilihat ketika berada di restoran ini. Suasana tempat yang nyaman dan artistik semakin menambah kenikmatan hidangan citarasa nusantara yang tersedia.

Menu Istimewa ala Sajian Bhinneka

Sesuai dengan namanya, Sajian Bhinneka menyediakan hidangan bercitarasa nusantara. Gulai Kepala Ikan Kakap menjadi primadona Sajian Bhinneka. Penyajian unik menggunakan wajan penggorengan dengan santan yang tidak terlalu kental cocok disajikan bersama sepiring nasi putih hangat.

Silahkan juga mencicipi hidangan Ayam Goreng Bhinneka, Ikan Taji Goreng, sensasi segarnya Ikan Kakap Goreng Sambal Dabu-dabu, Ayam Taliwang, Ayam Bumbu Bali, Ayam Penyet, Genjer Terasi, Gado-gado, Terong Tahu Ikan Asin, Pucuk Labu Ebi, Tahu Goreng Bhinneka, Tahu Mercon, dan berbagai macam hidangan lainnya yang pasti menggugah selera.

Pengunjung juga bisa mencicipi Nasi Bakar yang berisi nasi uduk dengan ikan teri dan Nasi Bhinneka yang berisi nasi goring ikan asin terasi hanya dengan Rp.8.800. Khusus di malam hari, tersedia berbagai menu panggangan yang tak kalah nikmatnya seperti Ikan Pari Panggang, Ayam Panggang Bhinneka dan Udang Gala Panggang.

Beberapa pilihan minuman favorit seperti Es Kelapa Jeruk, Es Martabe, Teh Tarik, Es Campur cocok menemani waktu santai di siang hari.  Tersedia juga Teh Poci yang disajikan hangat lengkap dengan gula batunya.

Sebagai compliment pengunjung bebas memetik pisang sepuasnya sebelum ataupun sesudah makan. Selain itu sepiring buah nenas segar hadir sebagai pencuci mulut.

Keunikan lainnya, buah nenas, markisa, terong belanda dan alpokat yang tersedia sebagai display dapat dibeli untuk dibawa pulang oleh pengunjung. Begitu juga dengan kerupuk tradisional yang tersedia

Sensasi Pedesaan di Tengah Perkotaan

Sembari menikmati hidangan lezat, pengunjung ditemani suara gemericik air yang berasal dari kolam ikan yang mengelilingi restoran. Dentingan hiasan bambu yang menggantung di setiap sudut restoran menghadirkan suasana pedesaan. Benar-benar menghadirkan nuansa yang berbeda. Tak salah jika restoran ini dijadikan quick escape yang tepat di tengah runtinitas ksususnya bagi pekerja kantoran yang memiliki break time terbatas.

Dengan konsep open air environment, restoran ini memanfaatkan beberapa pohon untuk menghadirkan suasana kesejukan yang alami. Kehadiran beberapa tanaman bonsai dan tanaman lainnya menambah kesan asri sehingga restoran ini bisa dijadikan sebagai tempat melepaskan penat untuk memperoleh kesegaran yang baru.

Atmosfer yang berbeda bisa kita temukan pada malam harinya. Keindahan cahaya lampu dan cahaya lilin menambah kesan romantisme. Tersedia beberapa meja outdoor yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati makan malam sembari menikmati langsung cahaya bintang di langit.

Keseluruhan konsep restoran merupakan ide sang pemilik yakni Pak Atong yang memiliki hobi ‘gardening’ dan ‘kolam ikan’. Beliaulah  yang turun tangan sendiri dalam menangani perawatan harian untuk operasional Sajian Bhinneka.

Fasilitas Pendukung

Restoran yang beroperasi dari jam 11.30-22.00WIB ini berkapasitas  300 orang. Menghadirkan konsep tempat yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Bagi anak muda yang ingin bersantai tersedia beberapa coffe table dan beberapa meja outdoor. Untuk jamuan makan malam keluarga tersedia ruangan yang lebih luas berkapasitas 120 orang. Dan untuk acara khusus  seperti arisan, ulang tahun dan meeting, tesedia juga ruangan yang berkapasitas 40orang. Pengunjung dapat juga bersantai di Gajebo dengan kapasitas 30orang.

Tersedia juga Musholla dan area parkir yang luas.

Sajian Bhinneka juga menyediakan beberapa pilihan menu buffeet untuk pilihan yang lebih ekonomis mulai dari paket Rp. 55.000/orang, Rp. 65.000/orang dan Rp.75.000/orang untuk pemesanan minimal pemesanan 40 packs.

Keindahan tempat berpadu dengan nuansa asri apat juga dimanfaatkan sebagai area untuk melakukan foto pre-wedding, hanya dengan tarif Rp. 500 ribu. Pembayaran tidak dilakukan “cash” melainkan dalam bentuk pemesanan makanan.

Katerine selaku manager menambahkan kehadiran  “Pipo” sang kura-kura bijaksana menjadi perhatian unik bagi tamu Sajian Bhinneka khususnya kalangan anak-anak. Kura-kura berusia sekitar 60 tahun ini dibiarkan bebas berjalan di dalam restoran.

Sajian Bhinneka merupakan tempat yang pas menghabiskan waktu bersama keluarga, selain sebagai tempat makan, tempat refreshing dan tempat belanja.

Restoran Sajian Bhinneka

Jl. Babura Lama No. 4 Medan

Reservasi : (061) 4514102

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: